Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Investasi Saham Untuk Pelajar

Investasi merupakan salah satu usaha yang bergerak di pasar finansial yang mampu memberikan keuntungan besar. Di zaman sekarang, semua orang bisa melakukan investasi, termasuk seorang pelajar atau mahasiswa. Bahkan pelajar SMP dan SMA sederajat bisa dengan mudah melakukan investasi. Namun ada batasan tertentu untuk investor seorang pelajar, seperti keterbatasan waktu, ekonomi, mental, persiapan, dan lain sebagainya. Karena itu, Anda perlu memahami bagaimana langkah-langkah atau cara investasi saham untuk pelajar.

16 Investasi Saham Untuk Pelajar
16 Investasi Saham Untuk Pelajar

Memahami Konsep dan Risiko Investasi

Langkah pertama adalah jangan memulai investasi tanpa mengetahui apa itu investasi dan risiko yang bisa dialami. Sederhananya, konsep investasi adalah menjual instrumen produk dengan harga mahal dan membeli jika harganya murah dan stabil. Terdengar sederhana, tetapi aktivitas ini memiliki risiko tinggi. Istilahnya, “High Return High Risk”. Kemudian jenis riisko dalam investasi yang harus dipahami adalah risiko pasar, risiko likuiditas, risiko negara, risiko suku bunga, risiko inflasi, risiko valas, dan risiko reinvestasi.


Mulai Sejak Dini dan Bertahap

Investasi merupakan usaha jual beli bersifat compounding effect atau bunga bergulung, artinya semakin lama berinvestasi, semakin banyak juga keuntungan yang bisa didapatkan. Jadi investasi sangat disarankan dimulai sejak dini tetapi mulailah dari dana yang kecil. Tujuannya agar memperkecil kerugian akibat ketidaksiapan dan membentuk mental investor masa depan.


Menentukan Tujuan Menjadi Investor

Ketika merintis suatu usaha, Anda harus memiliki tujuan atau goal yang harus dicapai. Apabila tujuan ini tidak ada, usaha Anda bisa tergantung tiba-tiba dan tidak memiliki titik poin restore apabila mengalami kegagalan. Jika berbicara tentang investasi, goalnya termasuk tujuan jangka panjang sehingga harus bersabar. Sebagai seorang pelajar dan pemula, cobalah untuk menentukan goal pada tahun ke-5 investasi dan tentukan juga keuntungan dana yang harus dicapai pada tahun ke-5 tersebut.


Memilih Broker atau Aplikasi Investasi Saham

Ketika konsep sudah dipahami dan menentukan tujuan, maka selanjutnya masuk ke dunia investasi saham yang diawali dengan menentukan tempat berinvestasi. Pilihlah aplikasi investasi yang memberikan nominal deposit yang rendah, seperti OVO yaitu Rp 10.000 saja. Kemudian pilih broker atau aplikasi yang mudah digunakan dan memiliki program edukasi investasi sehingga Anda bisa belajar langsung dari ahlinya. Ketika selesai memilih tempat, Anda sudah bisa menentukan jenis instrumen, membuka rekening investasi, dan mendapatkan income secara disiplin serta teratur.


Memilih Jenis Investasi

Investasi saham memiliki beberapa jenis. Masing-masing jenis ini memiliki keuntungan tersendiri. Untuk mahasiswa, cobalah jenis investasi reksadana, P2P lending, dan franchise F&B. ketiga jenis tersebut memberikan keuntungan tinggi tetapi dengan modal atau pengelolahan yang tidak terlalu susah sehingga cocok untuk pelajar maupun pemula.

Posting Komentar untuk "16 Investasi Saham Untuk Pelajar"